-->

Tingkatkan Keandalan Listrik, PLN Terjunkan Ratusan Personel MAHABARATA

27 Juni 2024, 8:01:00 PM WIB Last Updated 2024-06-27T13:01:36Z

Mojokerto – Sebagai upaya peningkatan keandalan pasokan listrik ke pelanggan, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur gelar kegiatan pemeliharaan jaringan listrik yang bertajuk MAHABARATA (Maksimalkan Pemeliharaan Borderless Antarunit Sampai Tuntas). Kegiatan ini dipusatkan di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mojokerto, khususnya di Kabupaten Nganjuk dan Jombang.

Manager PLN UP3 Mojokerto, Roberth Rumsaur membuka kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25-26 Juni 2024 tersebut melalui Apel di Halaman GOR Bung Karno Nganjuk. Turut hadir dalam apel perwakilan Polres Kab. Nganjuk, BPBD Kab. Nganjuk, Pemkab Nganjuk, Koramil, dan Dinas Perhubungan. 

“Program MAHABARATA ini merupakan kegiatan pemeliharaan jaringan oleh tim gabungan beberapa UP3 di Jawa Timur yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan jaringan listrik demi pelayanan dan kepuasan pelanggan dengan tetap memperhatikan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam melaksanakan tugas agar niat baik kita dari awal hingga akhir ini dapat berjalan aman, selamat dan lancar,” ujar Roberth.
Roberth menambahkan dalam kegiatan yang dilakukan oleh tim gabungan dari UP3 Mojokerto, Madiun, Ponorogo, Bojonegoro, Pamekasan, dan Kediri ini juga sebagai upaya preventif untuk mencegah dan meminimalisir terhentinya pasokan listrik karena gangguan tidak terencana. Kegiatan yang dilakukan antara lain pengamanan jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) dari potensi gangguan binatang, perbaikan konstruksi jaringan SUTM, dan pengamanan jarak aman pohon 3 meter atau istilahnya Right of Way (ROW) yaitu pemangkasan/perabasan pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik bertegangan 20.000 Volt. Salah satu penyebab gangguan tidak terencana dikarenakan pohon tumbang. Sebanyak 250 titik pohon berhasil diamankan dalam kegiatan ini.

“Kami dibantu oleh tim gabungan dari UP3 Madiun, Ponorogo, Bojonegoro, Pamekasan dan Kediri dengan total 118 personil terdiri dari tim skylift, Harbas (Pemeliharaan Rabas), Regu Assessment Kabel 20 kV, dan Pelayanan Teknik yang didampingi oleh pengawas pekerjaan. Kami tetap semangat selama kegiatan dan mengutamakan K3 demi keandalan jaringan yang lebih baik untuk kepuasan pelanggan,” ungkap Regin Herico Ludi Sunu selaku Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Nganjuk.

“Mewakili Komandan Kodim 0810 Nganjuk, kami mengapresiasi kegiatan Mahabarata PLN UP3 Mojokerto khususnya wilayah Nganjuk, semoga kegiatan ini berjalan lancar, aman dan pasokan Listrik di wilayah Nganjuk semakin handal,” ungkap Sugik, Kapten Arm Danramil Kota Nganjuk.(*)
Komentar

Tampilkan

Terkini